RSS

” Gadget ” Pemisah Si Kaya Dan Si Miskin. (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Kemiskinan)

17 Nov

Hy guys, nah sekarang saya ingin coba sedikit ngarang-ngarang lagi cerita yang ada di benak pikiran gw nih dan sekarang tentang ketidakseimbangan penyebaran teknologi di berbagai lapisan masyarakat. Ya mungkin cerita ini hanya menurut pandangan saya saja sebagai masyarakat umum.

Oke kita mulai saja, jd memang tidak bisa dipungkiri sekarang ini memang jaman yang super canggih. Semua perangkat-perangkat elektronik dapat dengan mudah dijumpai, mulai dari yang fungsinya hanya sebatas entertainment sampai untuk bisnis misalkan PS Portable, MP3/MP4, IPod, IPhone, Blackberry, hingga PC Tablet yang sekarang sedang booming-boomingnya. Itu semua digunakan semata-mata untuk mendukung kinerja kita baik untuk urusan perkantoran hingga rumah tangga.

Untuk memiliki gadget-gadget tersebut memang membutuhkan uang yang tidak sedikit. Seumpamanya untuk harga PS Portable itu saja kisaran 2 juta, sedangkan untuk PC Tablet kita harus merogoh kocek kira-kira 6 juta. Semakin canggih teknologi maka akan semakin mahal pula biaya yang harus keluarkan.

Sebenarnya dengan lahirnya gadget-gadget itu maka semakin membuka lebar jurang pemisah antara yang kaya dan yang miskin. Oke, sekarang kita lihat orang yang memiliki gadget-gadget tersebut itu pada umumnya adalah orang yang memiliki tingkat ekonomi golongan menengah ke atas. Sedangkan untuk masyarakat bawah (ekonomi lemah) hanya bisa melihat dan membayangkan tanpa tahu fungsi dan cara penggunaannya dan dampaknya mereka pun tidak mengerti untuk apa sih barang-barang seperti itu ? apa impact secara langsung yang akan mereka dapatkan. Mereka yang tinggal di desa yang masih membajak sawah secara tradisional pasti akan berfikir beribu-ribu kali daripada untuk membeli 1 buah IPad lebih baik membeli 1 ekor anak kerbau untuk membantu membajak sawah.

Maka dari itu, semua pertumbuhan pesat dari teknologi yang ada sekarang ini pasti ada sisi baik dan sisi buruknya dan itupun terjadi tidak hanya di negara berkembang seperti kita ini, di negara maju sekalipun demikian. Dan sebaiknya apa yang harus pemerintah lakukan untuk mempersempit jurang seperti ini ? menurut saya sebagai masyarakat kecil, coba donk disekolah-sekolah yang di desa lebih bisa di tingkatkan lagi tentang pengenalan teknologi yang terupdate sehingga mereka yang sekolah disana tidak buta akan teknologi sekalipun hanya sekedar tahu.

 
Leave a comment

Posted by on November 17, 2011 in Uncategorized

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: